Pages

Minggu, 08 April 2012

Trik Mempercepat Loading Blog kita

hallo sahabat blogger... kali ini IYAN'S Blog ingin berbagi informasi seputar "Trik Mempercepat Loading Blog Kita"
Berbicara masalah
load time dari sebuah blog yang kita buka, menurut saya merupakan salah satu faktor penting yang menunjang traffic pengunjung. Percuma saja blog kita sudah memiliki Pagerank yang tinggi, tapi saat blogwalking, prosesnya sangat lama alias lemoot dan membuat pengunjung jengkel karena lama menunggu, akhirnya tab tersebut di close.


Jika ingin mengecek load time blog sobat,

sobat dapat menggunakan tool Website Speed Test yang akan mengukur load time blog.10 blog dapat anda cek sekaligus load timenya.
hmm,, tanpa basa basi lagi,, kita langsung ajahh yahh,, :)




1. Posts

Waktu loading yang diperlukan oleh Blog Anda, dipengaruhi oleh besarnya posting atau widget berupa gambar (apalagi dalam bentuk flash) yang kita buat dan ditampilkan pada halaman utama. Sebetulnya, anda dapat dengan mudah mengatur jumlah posting yang ditampilkan di halaman utama dari Pengaturan Format tab jika anda menggunakan jasa Blogger.com. Kemudian anda dapat memilih besarnya jumlah posting yang akan ditampilkan pada halaman utama. Saya menyarankan untuk menampilkan 10 atau lebih sedikit posting di halaman utama atau menggunakan penggalan postingan (read more) seperti pada blog saya ini.

2.
Kode Script

Javascript merupakan hal yang menarik apabila kita pasang diwebsite atau diblog. Namun hal ini juga salah faktor yang membuat load time atau kecepatan loading website atau blog menjadi sangat2 lambat. Dan inilah salah satu hal yang tidak bisa dihilangkan dari blogspot, karena pemanggilan blog ini menggunakan script yg satu ini baik untuk postingan widged2 dan isi blog yang laen.

Bila anda menggunakan JavaScript dan Link Blog yang memuat kecepatan optimal, saya sarankan menggunakan Javascript,widget dan link dari Google / Blogger. Namun menurut saya, blog Anda akan meload lebih cepat jika menaruh semua JavaScript di bagian bawah blog Anda, atau jiga ingin menempatkannya di Sidebar, tempatkanlah itu di bagian bawah sidebar.

3.
Foto dan Media

Semakin banyak video, gambar atau multi-media lainnya yang ada di blog Anda akan membuat proses loading semakin lama. Tapi memang gambar atau multimedia lainnya cukup penting juga untuk menarik pengunjung dalam membaca blog Anda, jadi penting bagi anda untuk mengoptimalkan kecepatan dalam memuat gambar ataupun media lainnya.
Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kecepatan loading blog sobat :

• Sebaiknya tidak menggunakan ukuran/size gambar yang besar atau lebih dari 10kb per gambar

• Jika Anda memiliki sejumlah besar gambar untuk ditampilkan, Anda dapat meng-upload dahulu semua foto Anda ke Picasa Web Album lalu link-kan ke album anda, baru di posting.

• Jika Anda telah menambahkan CSS custom untuk blog Anda, pastikan Anda letakkan di bagian atas halaman.
Untuk konten yang paling penting dari blog Anda, khususnya yang memberi perhatian buat pembaca, itu harus cepat loadingnya.

• Sebaiknya tidak menggunaan javascript yang berlebihan.

• Sebaiknya tidak menggunakan animasi flash ukuran besar dan lebih dari satu animasi.

• Usahakan ukuran blog kurang dari 250kb, untuk blogger sebenarnya paling bagus dibawah 100kb tapi untuk blogger memang agak susah jadi ya segitu saya kira sudah cukup lumayan.

Begitulah sekilas mengenai trik mempercepat loading Blog, semoga ini bisa membantu sobat semua. Kalau ada trik dan tips saya yang ga’ benar mohon sobat-sobat yang lebih pakar dapat memberikan masukan yang lebih baik.
Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar